Tokoh Tokoh Pencetus Atom

JOHN DALTON

John Dalton (1766-1844) ialah seorang guru SMU di Manchester, Inggris. Ia terkenal karena teorinya yang membangkitkan kembali istilah “atom“. Dalam buku karangannya yang berjudul New System of Chemical Philosophy ia berhasil merumuskan hal tentang atom sekitar tahun 1803.  Ia menyatakan bahwa materi terdiri atas atom yang tidak dapat dibagi lagi. Tiap-tiap unsur terdiri atas atom-atom dengan sifat dan massa identik, dan senyawa terbentuk jika atom dari berbagai unsur  bergabung dalam komposisi yang tetap.
 
5 Teori Atom Dalton:
  1. Unsur-unsur terdiri dari partikel-partikel yang luar biasa kecil yang tidak dapat dibagikembali(disebut atom).Dalam reaksi kimia,mereka tidak dapat diciptakan,dihancurkan atau diubah menjadi jenis unsur yang lain.
  2. Semua atom dalam unsur yang sejenis adalah sama dan oleh karena itu memiliki sifat-sifat yang serupa;seperti massa dan ukuran.
  3. Atom dari unsur-unsur yang berbeda jenis memiliki sifat-sifat yang berbeda pula.
  4. Senyawa dapat dibentuk ketika lebih dari 1 jenis unsur yang digabungkan.
  5. Atom-atom dari 2 unsur atau lebih dapat direaksikan dalam perbandingan-perbandingan yang berbeda untuk menghasilkan lebih dari 1 jenis senyawa.  
 

JOSEPH JOHN THOMSON

Joseph John Thomson (1856-1940) ialah seorang ilmuwan yang lahir di Cheetham Hill, di mana ia diangkat sebagai profesor fisika eksperimental sejak 1884. Penelitiannya membuahkan penemuan elektron. Thomson mengetahui bahwa gas mampu menghantar listrik. Ia menjadi perintis ilmu fisika nuklir. Thomson memenangkan Hadiah Nobel Fisika pada tahun 1906.
                        Joseph John Thomson lahir di Creetham Hill, pinggiran kota Manchester pada tanggal 18 Desember 1856. Dia mendaftar di Owens College, Manchester tahun 1870, dan tahun 1876 mendaftar di Trinity College, Cambridge sebagai pelajar biasa. Dia menjadi anggota Trinity College tahun 1880, ketika dia menjadi penerima Penghargaan Wrangler dan Smith (ke-2). Dia tetap menjadi anggota Trinity College seumur hidupnya. Dia menjadi penceramah tahun 1883, dan menjadi profesor tahun 1918. Dia adalah professor fisika eksperimental di laboratorium Cavendish, Cambridge, dimana dia menggantikan John Strutt, 3rd Baron Rayleigh, dari tahun 1884 sampai tahun 1918 dan menjadi profesor fisika terhormat di Cambridge dan Royal Institution, London.


ERNEST RUTHERFORD

Ernest Rutherford lahir pada tanggal 30 Agustus 1871, di Nelson, Selandia Baru, Ayahnya James Rutherford dari Skotlandia adalah seorang tukang roda, yang bermigrasi ke Selandia Baru dengan kakek dan seluruh keluarganya pada tahun 1842. Ibunya, née Martha Thompson, adalah seorang guru sekolah di Inggris. Ernest menerima pendidikan awal di sekolah pemerintah Nelson Collegiate School pada usia 16 tahun. Pada tahun 1889 ia mendapat beasiswa Universitas dan ia pindah ke Universitas di Selandia Baru, Wellington, di mana ia masuk Canterbury College *.
Ia lulus MA pada tahun 1893 di Fakultas Matematika dan Ilmu Fisika dan kemudian dia melanjutkan dengan penelitian di Collegenya dengan waktu yang singkat, dan menerima gelar B.Sc. di tahun berikutnya. Pada tahun yang sama, 1894, ia mendapatkan beasiswa di bidang Sains pada tahun 1851 yang memungkinkan dia pergi ke Trinity College, Cambridge, sebagai mahasiswa riset di Cavendish Laboratory di bawah pimpinan JJ Thomson. Pada tahun 1897 ia dianugerahi titel B.A. dari Penelitian Gelar dan Kesiswaan Trotter Coutts-Trinity College. Kesempatan datang ketika jabatan Ketua bidang Fisika di McGill University, Montreal, menjadi kosong, dan pada 1898 ia berangkat ke Kanada untuk mengambil posisis tersebut.

 
                                                        Niels Henrik David Bohr (1885-1962) 

adalah ahli fisika Denmark yang tergolong sebagai ahli fisika terbesar segala zaman, penemu Teori Atom Bohr, penemu model tetes cairan untuk model atom, ahli fisika ahli yang setaraf dengan Enstein, penerima hadiah nobel dalam bidang fisika. Bohr bukanlah orang pertama di dunia yang menemukan struktur atom atau model atom.
       Struktur atom ditemukan oleh Rutherford, ahli fisika inggris,pada tahun 1911. Tapi struktur atom Rutherfrod (struktur atom menurut pengamatan rutherfrod) kurang jelas. Menurut Rutherfrod atom terdiri dari inti yang dikelilingi planet. Tapi Rutherfrod tidak dapat menjelaskan berapa jauh jarak elektron dari inti. Bohr memperbaiki model atom Rutherfod.
       Bohr adalah orang pertama di dunia yang menerapkan teori kuantum untuk mengatasi problem struktur atom. Ia memberikan sumbangan penting untuk perkembangan fisika kuantum selama kurang lebih 50 tahun.
Bohr lahir Copenhagen, Denmark, pada tanggal 7 Oktober 1885 dan meninggal di Copenhagen juga pada tanggal 18 November 1962 pada umur 77 tahun. Ayahnya bernama Cristian Bohr, guru besar fisiologi di Universitas Copenhagen, Ibunya bernama Ellen Adler Bohr dan termasuk keluarga terpandang di Denmark. Sejak kecil Bohr sudah tampak sebagai anak yang cerdas, yang suka sekali membaca dan mempelajari buku ilmiah.
       Pada 22 tahun, ketika masih menjadi mahasiswa senior di Universitas Copenhagen, Bohr mendapat mendali emas dari lembaga ilmu pengetahuan  Copenhagen untuk karyanya tentang permukaan air. Pada umur 26 tahun ia mendapat gelar Doctor untuk tesisnya tentang electron logam. Kemudian ia pergi ke Inggris untuk mempelajari atom bersama Thomson, penemu electron. Sesudah itu ia pergi ke Manchester untuk mempelajari struktur atom bersama Rutherford. Ia mendapat hadiah nobel  tahun 1922 pada umur 37 tahun, untuk fisika karena teori atomnya.


Sumber : Berbagai Sumber

 
Design by Zhoe Ky Madura | Thanks To Google