Olimpiade London 2012

Olimpiade Musim Panas 2012, secara resmi bernama Games of the XXX Olympiad atau "Olimpiade London 2012", dilaksanakan di London, Inggris, Britania Raya mulai tanggal 27 Juli sampai 12 Agustus 2012. London akan menjadi kota pertama yang secara resmi mengadakan Olimpiade modern sebanyak tiga kali, setelah tahun 1908 dan 1948.
London terpilih sebagai kota penyelenggara pada tanggal 6 Juli 2005 pada Pertemuan IOC ke-117 di Singapura, mengalahkan Moskwa, New York City, Madrid, dan Paris setelah empat putaran pemungutan suara.  Pengundian London ini dipimpin oleh mantan juara Olimpiade Sebastian Coe.
Olimpiade ini mendorong dilaksanakannya pembangunan ulang beberapa daerah di London tempat diadakannya pertandingan dengan tema keberlanjutan lingkungan.  Meski pertimbangan anggaran menuai sejumlah kritik, Olimpiade ini akan memanfaatkan gelanggang olahraga yang sudah dibangun sebelum undian, termasuk Wembley Stadium, Wembley Arena, Wimbledon All England Club, Lord's Cricket Ground, The O2 Arena, Earls Court Exhibition Centre, Weymouth and Portland National Sailing Academy, dan Excel Centre.

Opening Ceremony ( Upacara Pembukaan )


Upacara pembukaan Olimpiade Musim Panas 2012 diadakan pada 27 Juli 2012 dan disebut sebagai "The Isles of Wonder" (bahasa Indonesia: Pulau-pulau keajaiban. Sutradara peraih piala oscar, Danny Boyle adalah direktur artistik untuk upacara pembukaan dan direktur musik adalah Rick Smith dan Karl Hyde dari duo musik elektronik Underworld.
Olimpiade ini secara resmi dibuka oleh Ratu Elizabeth II, yang ditemani oleh Pangeran Philip, Duke of Edinburgh. Untuk masing-masing, Olimpiade ini adalah yang kedua yang diresmikan secara pribadi oleh Kerajaan Inggris, Pangeran Philip telah membuka Olimpiade Musim Panas 1956 di Melbourne dan Ratu Elizabeth telah membuka Olimpiade Musim Panas 1976 di Montreal. Sementara Olimpiade yang diadakan di Australia dan Kanada pada tahun 1988, 2000 dan 2010 dibuka oleh masing-masing Gubernur Jenderal negara mereka.
Sebuah film pendek komedi dibintangi oleh Daniel Craig sebagai agen rahasia James Bond dan Ratu Elizabeth II ditayangkan selama liputan siaran upacara. Sir Paul McCartney menampilkan lagu "Hey Jude" di akhir upacara.  Sebagaimana diketahui, di situs resmi Olimpiade London 2012, penyelenggara telah menyediakan laman khusus bagi pengunjung untuk mendukung kontingen mereka di cabang olahraga tertentu

Sumber : Wikipedia + Berbagai Sumber

 
Design by Zhoe Ky Madura | Thanks To Google